Pengenalan Komponen Pc Dan Instalasi Hardware

Pengenalan Komponen Pc Dan Instalasi Hardware - Hallo sahabat komputer online, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengenalan Komponen Pc Dan Instalasi Hardware, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Instalasi Hardware, Artikel Komponen sistem komputer, Artikel Pengenalan Hardware, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengenalan Komponen Pc Dan Instalasi Hardware
link : Pengenalan Komponen Pc Dan Instalasi Hardware

Baca juga


Pengenalan Komponen Pc Dan Instalasi Hardware

  1. Komponen sistem komputer

  2. Pengenalan Hardware

  3. Instalasi Hardware

A. Komponen Sistem Komputer


Integrasi dari sistem Hardware (Perangkat Keras), Software (Perangkat Lunak), dan Brainware (Perangkat Pikir). Dari segi perangkat keras komputer sanggup dirumuskan sebagai berikut ;

B. Pengenalan Hardware


A. Peralatan Input Langsung

Keyboard
Keyboard (papan ketik) ialah peraatan input yang paling umum dan banyak digunakan.

Mouse
Mouse ialah pointing device yang digunakan untuk mengatur posisi cursor dilayar. Dengan menggeser mouse di bidang  yang datar, contohnya meja, cursor di layar akan bergeser sesuai dengan arah dari pergeseran mouse.

Scanner
Scanner ialah perangkat pemindai document sanggup berupa document teks maupun gampang, hasil yang di keluarkan dari scanner yaitu berupa gambar RBG berformat .jpg .jpeg .png dll, hasil dari scanner sanggup di edit memakai aplikasi OCR

Pingerprint
Pingerprint ialah perangkat pemindai sidik jari yang biasa di gunakan untuk ketidakhadiran sidik jari

Mic
Mic ialah perangkat yang di gunakan untuk input suara

Webcame/camera
Webcame ialah perangkat untuk mengambil gambar digital

Barcode Scanner
Barcode Scanner ialah perangkat untuk memindai barcode yang sering di gunakan untuk kasir

Trackbal
Trackbal ialah perangkat input yang fungsinya hampir sama dengan mouse

Digitizer
Digitizer ialah perangkat input yang digunakan untuk menulis secara manual dan akan di tampilkan di layar monitor

Peralatan Input Tak langsung

Memasukan input secara tidak eksklusif berarti data yang dimasukan tidak langsunng diproses oleh CPU, tetapi disimpan terlebih dahulu ke suatu media machine redable form (bentuk yang hanya sanggup dibaca oleh kompuetr) yang berbentuk simpanan luar (external memory) contohnya pita magnetik (magnetic tape) atau disk magnetik (magnetic/floppy disk).

  • Peralatan Pemroses / CPU


CPU terdiri dari dua bab utama, yaitu control unit (unit kendali) dan arithmetic and logic unit (unit aritmatika dan logika). Disamping dua bab utama tersebut, CPU mempunyai beberapa simpanan yang berukuran kecil yang disebut register.

  • Control Unit

Tugas dari control unit ialah :
Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output
Mengambil isyarat dari main memory
Mengambil data dari main memory jikalau diharapkan oleh proses.
Mengirim isyarat ke arithmetic and logic unit bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan kecerdikan serta mengawasi kerja arithmetic and logic unit.
Menyimpan hasil proses ke main memory.

  • Arithmetic And Logic Unit

Tugas utama dari arithmetic and logic unit (ALU) ialah melaksanakan semua perhitungan aritmatika atau matematika yang terjadi sesuai dengan isyarat program. Tugas lain dari ALU ialah melaksanakan keputusan dari operasi kecerdikan sesuai dengan isyarat program. Operasi kecerdikan (logikal operation) Meliputi perbandingan dua buah elemen kecerdikan dengan mengunakan operator logika, yaitu: sama de(=),tidak sama dengan (< >),kurang dari (<), kurang atau sama dengan dari (<=), lebih besar dari (>), lebih besar atau sama dengan dari(>=).

  • Register

Register merupakan simpanan kecil yang mempunyai kecepatan tinggi,lebih cepat 5 hingga 10 kali dibandingkan dengan kecepatan perekaman atau  paengambilan data di main memory. ragister digunakan untuk menyimpan intruksi dan data yang sedang di proses oleh CPU,sedang intruksi­-intruksi dan data lainnya yang menunggu giliran untuk di proses masih di simpan di main memory. CPU di susun oleh beberapa komponen sepeti : processor, motherboard, interface card dan lain-lain.

a.      Motherboard

Motherboard atau mainboard  adalah komponen dasar PC yang sangat penting, merupakan  papan  utama  dimana banyak komponen PC yang lain di tempatkan di situ.

b.      Processor

Proessor merupakan otak dari komputer. sebuah komputer harus mempunyai processor, alasannya processor merupakan komponen pokok dari systtem komputer.

c.       Video card

Video card ialah piranti  yang berfungsi menghasilkan sinyal yang mengoprasikan monitor. Jenis – jenis video card yang beredar hingga ketika ini ialah :

  • MDA ( Monochcrome Display Adapter )
  • CGA ( Color  Grapich Adapter
  • EGA ( Enhanced Graphics Adapter )
  • XGA ( Extended Graphich Array )
  • VGA ( Video Graphics Array )
  • SVGA ( Super VGA )

d.      Sound card

kebanyakan sound card  mempunyai connector yang sama. Connector dengan jek berukuran kecil yaitu 1/8-inch menyediakan jalur untuk melewatkan bunyi dari sound card ke speaker, handphone, dan sistem stereo serta mendapatkan bunyi dari microphone, CD player, tape player atau stereo.

  • Unit penyimpanan (Memory)

Secara umum sebuah sistem komputer dilengkapi dengan unit penyimpanan atau sering disebut dengan memory. Memory yang terdapat dalam sebuah komputer di bagi menjadi dua kategori, yaitu memory yang bersifat Internal dan memory yang bersifat Eksternal.
Memori internal terdiri dari beberapa jenis dan mempunyai spesifikasi yang brbeda, diantaranya :

-          Read Only Memory (ROM)

memory ini hanya sanggup di baca saja, programmer tidak sanggup mengisi sesuatu kedalam ROM.

-          Cache Memory

Cache memory terletak diantara CPU dengan main memory. Cache memori harus lebih cepat dari main memori dan mempunyai ukuran yang cukup besar, tetapi tidak sebesar main memory.

-          Random Acces Memory (RAM)

Semua data dan aktivitas yang dimasukan lewat alat input akan disimpan terlebih dahulu di main memory, khususnya di RAM (Random Acces Memory).
Struktur dari RAM dibagi menjadi 4 bagian, yaitu :
a.       Input storage,
b.      Program storage,
c.       Working storage,
d.      Output storage.

  • Memory Eksternal

Jenis Memori Eksternal
1.      Floppy Disc 3½ inch Drives
2.      Floppy Disk Drive (FDD)
3.      Zip Drives
4.      Hard Disk Drive
5.      Optical Disk
6.      CD-ROM Drive
7.      Flash Disk

Peralatan Output

a.      Monitor

Dalam monitor dikenal istilah resolusi monitor. Resolusi (resolution) ialah jumlah elemen gambar baik horisontal maupun vertikal (pixel) yang tampil di layar.
Jenis Monitor :
o   Monitor CRT (Cathode Risy Tube)
o   Monitor LCD (Liquid Cristal Display)
o   Monitor Plagmen (plasma gas)

b.      Printer

Printer ialah peralatan output yang berfungsi untuk mencetak. Teknologi yang digunakan pada printer ialah dot.
Beberapa tipe printer yang menurut teknologi dot ialah :
o   Printer Dot-Matrix
o   Printer Ink-jet dan Bubble-jet
o   Printer Thermal
o   Printer laser

c.       Audio (speaker)

Peralatan ini dijumpai apabila seseorang menghendaki output dalam bentuk suara.

d.      LCD Projector

LCD Projector ialah sebuah peralatan output yang menampilkan kesudahannya ke layar. Peralatan ini sering digunakan untuk presentasi atau sebagai pengganti OHP.


Demikianlah Artikel Pengenalan Komponen Pc Dan Instalasi Hardware

Sekianlah artikel Pengenalan Komponen Pc Dan Instalasi Hardware kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengenalan Komponen Pc Dan Instalasi Hardware dengan alamat link http://1quoteslove.blogspot.com/2018/12/pengenalan-komponen-pc-dan-instalasi.html

0 Response to "Pengenalan Komponen Pc Dan Instalasi Hardware"

Post a Comment