Tips Mengubah Ukuran Partisi Hardisk Yang Tidak Dapat Diubah

Tips Mengubah Ukuran Partisi Hardisk Yang Tidak Dapat Diubah - Hallo sahabat komputer online, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips Mengubah Ukuran Partisi Hardisk Yang Tidak Dapat Diubah, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tips dan Trik Komputer, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tips Mengubah Ukuran Partisi Hardisk Yang Tidak Dapat Diubah
link : Tips Mengubah Ukuran Partisi Hardisk Yang Tidak Dapat Diubah

Baca juga


Tips Mengubah Ukuran Partisi Hardisk Yang Tidak Dapat Diubah

Tips Mengubah Ukuran Partisi Hardisk yang Tidak Bisa Diubah Tips Mengubah Ukuran Partisi Hardisk yang Tidak Bisa Diubah

Tips mengubah ukuran partisi hardisk

Kita ketahui bahwa hardisk pada komputer atau laptop akan sangat gampang di kelola bila hardisk di partisi. Pengertian dari partsi hardisk ialah hardisk dibagi menjadi beberapa bagian. Dibagi menjadi beberapa kepingan dengan kata lain ialah membaginya secara virtual (lebih mudahnya dibagi secara tidak nyata) dan membagi hardisknya bukan dengan cara memotong hardisknya melainkan membagi secara virtual melalui komputer atau laptop. 

Biasanya pada ketika pembelian laptop yang sudah ada sistem operasinya, mungkin dari pihak penjual sudah mempartisi hardisk tersebut dan umumnya di partisi menjadi dua kepingan yaitu drive c dan drive d. Tetapi ada juga yang mempartisi hardisknya sendiri dikarenakan beberapa alasan menyerupai membeli komputer atau laptop yang DOS atau belum mempunyai sistem operasi, instal ulang sistem operasi dan lain-lain.

BACA: TUTORIAL GRATIS CARA SERVIS LAPTOP

Tetapi mungkin ada yang drive c atau partisi sistem operasinya sudah hampir penuh, tetapi ingin menginstal aplikasi atau menambahkan file lainnya. Jelas hal tersebut tidak dapat sebab kapasitas drive c atau partisi dari sistem operasi (atau partisi lainnya) hampir habis, jadi tidak dapat ditambahkan file apapun dan bila kapasitas pada partisi sistem operasi atau partisi lainnya ingin ditambahkan mungkin ada yang mencobanya melalui “Disk management” tetapi risikonya pada drive c tidak dapat kapasitasnya di Extend (ditambahkan). 

Penyebab dari kegagalan atau tidak dapat menambahkan kapasitas pada drive c ialah sebab kita mengunakan agenda “Disk management” yag merupakan bawaan dari windows dan pada ketika melaksanakan Extend volume system operasi windows yang ada pada drive c aktif jadi tidak dapat menambah volume atau kapasitas pada drive c. 

Tetapi kini sudah ada cara semoga dapat mengubah ukuran partisi hardisk (menambahkan atau mengurangi ukuran partisi hardisk) yang tidak dapat dipartisi dengan memakai aplikasi dari pihak ketiga dan pada artikel ini saya akan menunjukkan aplikasinya dan cara mengubah ukuran partisi hardisk memakai aplikasi tersebut. Langsung saja simak tips untuk mengubah ukuran partisi hardisk yang tidak dapat diubah dibawah ya. Tapi penulis tidak tanggung jawab ya kalau ada kesalahan atau kerusakan jawaban memakai tips ini. Kaprikornus do with your own risk!

Langkah pertama ialah anda harus mendownload aplikasi AOMEI Partition Assistant Standard Edition untuk mengubah ukuran partisi hardisk. Silahkan download aplikasinya di bawah ini :

Download AOMEI Partition Assistant ( aplikasi pengubah ukuran partisi hardisk ) 

link download http://www.tusfiles.net/qrlt6xloh5p9

Langkah kedua silahkan instal AOMEI Partition Assistant Standard Edition terlebih dahulu (aplikasi yang tadi di download).

Langkah ketiga ialah buka aplikasi AOMEI Partition Assistant Standard Edition. Setelah aplikasi tersebut terbuka, maka lakukan langkah-langkah dibawah ini :

Pada langkah-langkah untuk merubah ukuran atau size suatu partisi hardisk di bawah ini saya hanya menunjukkan cara untuk memperbesar ukuran atau size suatu partisi hardisk memakai aplikasi AOMEI jadi bila ingin mencoba-coba fitur lain dari apliaksi ini bisa, tetapi tidak dianjurkan bagi yang tidak dapat berbahasa inggris pasif sebab dapat saja file-file penting pada hardisk anda akan terhapus tanpa disengaja. 

Langsung saja simak cara menambah ukuran partisi hardisk yang tidak dapat di extend dibawah ini :
  1. Pada langkah pertama ini kita harus menyediakan ruang kosong yang tidak terpakai untuk partisi bentak (free space).
  2. Klik pada partisi yang akan di ubah ukurannya.
  3. Klik kanan pada partisi tersebut dan klik “Resize Partition”
  4. Setelah itu akan muncul tampilan baru. Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.

    Untuk memperbesar ukuran partisi hardisk cukup dengan menggeser tanda panahnya ke kanan sedangkan untuk memperkecil ukuran partisi hardisk geser tanda panahnya ke kiri. (klik gambar dibawah ini untuk memperbesar tampilannya)
    Tips Mengubah Ukuran Partisi Hardisk yang Tidak Bisa Diubah Tips Mengubah Ukuran Partisi Hardisk yang Tidak Bisa Diubah
    tampilan untuk langkah nomor 1 - 5
  5. Setelah mengubah ukuran partisinya kemudian klik “ok”.
  6. Akan muncul lagi tampilan baru. Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya. Klik “Proceed”.
    (klik gambar dibawah ini untuk memperbesar tampilannya)
    Tips Mengubah Ukuran Partisi Hardisk yang Tidak Bisa Diubah Tips Mengubah Ukuran Partisi Hardisk yang Tidak Bisa Diubah
    tampilan untuk langkah nomor 6 dan 7
  7. Mungkin ada persoalan ketika telah mengklik “Proceed” dengan munculnya tampilan menyerupai pada gambar di atas. Untuk meneruskan proses mengubah ukuran partisinya maka klik “Retry (Recommended)”. Jika tidak muncul tampilan menyerupai itu maka abaikan saja langkah ini dan eksklusif menuju langkah selanjutnya.
  8. Selanjutnya klik “yes” untuk memulai (lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya). Dan proses akan berjalan, tunggu hingga selesai dan klik “ok” (lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya)
    (klik gambar dibawah ini untuk memperbesar tampilannya)
    Tips Mengubah Ukuran Partisi Hardisk yang Tidak Bisa Diubah Tips Mengubah Ukuran Partisi Hardisk yang Tidak Bisa Diubah
  9. Langkah terakhir ialah restart komputer atau laptop anda.

Demikian tips untuk mengubah ukuran suatu partisi hardisk khususnya untuk memperbesar ukuran atau size yang tidak dapat di ubah ukurannya. Semoga pada artikel tips komputer ini bermanfaat bagi anda. Mohon maaf apabila ada kesalahan pada artikel di atas. Terima kasih telah membaca artikel ini.


Demikianlah Artikel Tips Mengubah Ukuran Partisi Hardisk Yang Tidak Dapat Diubah

Sekianlah artikel Tips Mengubah Ukuran Partisi Hardisk Yang Tidak Dapat Diubah kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tips Mengubah Ukuran Partisi Hardisk Yang Tidak Dapat Diubah dengan alamat link http://1quoteslove.blogspot.com/2018/12/tips-mengubah-ukuran-partisi-hardisk.html

0 Response to "Tips Mengubah Ukuran Partisi Hardisk Yang Tidak Dapat Diubah"

Post a Comment