Tips Menciptakan Bootable Windows Di Flashdisk

Tips Menciptakan Bootable Windows Di Flashdisk - Hallo sahabat komputer online, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips Menciptakan Bootable Windows Di Flashdisk, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tips dan Trik Komputer, Artikel Tips dan Trik Laptop, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tips Menciptakan Bootable Windows Di Flashdisk
link : Tips Menciptakan Bootable Windows Di Flashdisk

Baca juga


Tips Menciptakan Bootable Windows Di Flashdisk

Tips menciptakan bootable windows di flashdisk

Jika ingin menginstal windows tetapi ada permasalahan menyerupai tidak memiliki DVD drive atau DVD instaler windowsnya sudah usang dan banyak ada gesekan sehingga ada file di dalam DVD instaler yang rusak dan lain-lain. Maka salah satu solusinya yaitu menginstal windows yaitu memakai flashdisk. Menggunakan flashdisk untuk menginstal windows lebih dikenal dengan menciptakan bootable windows di flashdisk.

Jika ingin menginstal windows melalui flashdisk maka ada beberapa tahapan supaya dapat menginstal widows melalui flashdisk. Bagi yang ingin pribadi menyimak tips untuk menciptakan bootable windows di flashdisk, silakan pribadi membaca tipsnya dibawah ini.

Ada dua langkah jikalau ingin menciptakan bootable windows di flashdisk. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menciptakan flashdisk supaya dapat digunakan untuk menginstal windows dan yang kedua yaitu mengisi flashdisk dengan file installer windows.

Tips mebuat flashdisk menjadi bootable windows.

Pertama-tama kita harus menciptakan flashdisk supaya dapat digunakan untuk menginstal windows. Pada tahap ini tidak memakai aplikasi komplemen dan hanya memakai aplikasi bawaan dari windows yaitu command prompt atau lebih dikenal dengan CMD. Langkah langkahnya menyerupai di bawah ini :
  1. Terlebih dahulu sediakan flashdisk dengan kapasitas minimal 4 GB alasannya yaitu file installer windows kurang lebih sekitar 2 hingga 3 GB dan backup terlebih dahulu data data yang ada pada flashdisk tersebut. Setelah itu hubungkan flashdisk tersebut ke laptop atau komputer.

  2. Buka CMD dengan mengklik start dan mengetikkan “cmd” kemudian tekan enter maka aplikasi CMD akan terbuka.

  3. Ketikkan “diskpart” kemudian tekan enter. Jika muncul UAC (user account control) maka klik OK. Setelah itu maka akan muncul kotak obrolan disk part (tampilannya menyerupai CMD).

  4. Pada kotak obrolan disk part ketikkan “list disk” dan tekan enter. Maka akan muncul daftar disk yang ada di komputer atau laptop anda. Lihat pada list disk tersebut dan cari pada disk berapa flashdisk anda berada. Cara mencarinya cukup gampang yaitu dengan melihat kapasitas pada masing masing disk. Pada percobaan ini saya memakai flashdisk dengan kapasitas 4 GB jadi sudah tentu saya akan mencari disknya dengan melihat size disknya (mendekati 4000 MB).

  5. Ketika sudah menemukan pada disk berapa flashdisk anda maka langkah selanjutnya yaitu dengan mengetikkan “select disk x” dimana x diganti dengan letak flashdisk anda. Pada langkah ke empat sudah diberikan cara untuk mengetahui pada disk berapa flashdisk kita berada. Pada teladan flashdisk saya berada pada disk 2, jadi saya mengetikkan “select disk 2” kemudian tekan enter.

  6. Ketik “clean” kemudian tekan enter.

    jikalau anda gundah pada langkah langkah di atas, silakan lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya. Klik gambar untuk memperbesar gambarnya.

     Tips menciptakan bootable windows di flashdisk Tips Membuat Bootable Windows di Flashdisk

  7. Ketik “create partition primary” kemudian tekan enter.
  8. Ketik “select partition 1” kemudian tekan enter.
  9. Ketik “active” kemudian tekan enter.

  10. Ketikkan “format fs=ntfs” kemudian tekan enter. Dan tunggu hingga proses format selesai (proses format mancapai 100%). Pada proses ini membutuhkan waktu yang lama, jadi tunggu dengan sabar pada proses ini hingga selesai.

    jikalau anda gundah atau kurang terperinci untuk langkah ke-7 hingga langkah ke-10, silakan lihat gambar di bawah ini. Klik untuk memperbesar gambar.

     Tips menciptakan bootable windows di flashdisk Tips Membuat Bootable Windows di Flashdisk

  11. Setelah proses format di atas selesai maka ketik “assign” kemudian tekan enter.
  12. Terakhir ketikkan “exit” kemudian tekan enter.

    di bawah ini gambar untuk langkah ke-11 dan ke-12. Klik untuk memperbesar gambar.

     Tips menciptakan bootable windows di flashdisk Tips Membuat Bootable Windows di Flashdisk
Langkah untuk menciptakan flashdisk supaya dapat digunakan untuk menginstal windows sudah selesai dan tahap kedua sekaligus tahap terakhir yaitu mengisi flashdisk dengan file installer windows. Baca tipsnya di bawah ini :

Tips untuk mengisi flashdisk dengan file intaler windows.

File installer windows ada 2 jenis yaitu masih berbentuk .iso dan yang kedua sudah siap di copy paste. Untuk file installer yang sudah siap di copy paste yaitu file yang isinya banyak menyerupai file yang ada di dalam dvd installer windows. Jika anda punya dvd instaler windows, anda dapat mengcopy semua data yang ada di dalam dvd tersebut (semua file di dalam dvd harus di copy) kemudian di paste pada flashdisk tadi. Lihat gambar di bawah ini. Pada gambar di bawah ini yaitu contoh file installer windows yang sudah siap di copy paste.

 Tips menciptakan bootable windows di flashdisk Tips Membuat Bootable Windows di Flashdisk

Jika filenya masih berbentuk .iso maka harus di mount terlebih dahulu. Cara mount file berbentuk .iso cukup gampang yaitu dengan klik kanan pada file installer yang berbentuk .iso kemudian klik mount. Setelah langkah tersebut maka akan ada drive gres yang muncul. Langkah selanjutnya yaitu buka drive gres tersebut kemudian copy semua file yang ada di dalam drive gres tersebut dan paste di flashdisk yang tadi. Lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.

 Tips menciptakan bootable windows di flashdisk Tips Membuat Bootable Windows di Flashdisk

Setelah proses mengcopy file ke flashdisk selesai, maka eject flashdisknya kemudian masukkan kembali. Jika tampilan flashdisk berubah berarti anda telah berhasil menciptakan bootable windows pada flashdisk. Contoh perubahan icon pada flashdisk menyerupai gambar di bawah ini. jikalau belum berhasil, silakan mencoba lagi dari langkah pertama pada artikel diatas.

 Tips menciptakan bootable windows di flashdisk Tips Membuat Bootable Windows di Flashdisk

Demikian tips untuk menciptakan bootable windows pada flashdisk. biar artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ada pertanyaan atau masalah, dapat pribadi berkomentar pada bab bawah artikel ini. Mohon maaf apabila ada kesalahan pada artikel diatas. Terimakasih.


Demikianlah Artikel Tips Menciptakan Bootable Windows Di Flashdisk

Sekianlah artikel Tips Menciptakan Bootable Windows Di Flashdisk kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tips Menciptakan Bootable Windows Di Flashdisk dengan alamat link http://1quoteslove.blogspot.com/2018/12/tips-menciptakan-bootable-windows-di.html

0 Response to "Tips Menciptakan Bootable Windows Di Flashdisk"

Post a Comment