Pengertian Dan Sejarah Komputer

Pengertian Dan Sejarah Komputer - Hallo sahabat komputer online, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian Dan Sejarah Komputer, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Komputer, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian Dan Sejarah Komputer
link : Pengertian Dan Sejarah Komputer

Baca juga


Pengertian Dan Sejarah Komputer

Pengertian Komputer | Komputer merupakan benda yang kini ini sanggup anda jumpai di aneka macam daerah khususnya diperkotaan. Hal ini dikarenakan fungsi atau manfaat komputeritu sendiri. Sebelum membahas terlalu jauh ihwal komputer, mari baca pengertian komputermenurut para andal serta sejarah dan manfaat komputer dibawah ini. 

Pengertian Komputer Sejarah dan Manfaat Komputer 

A. Pengertian Komputer 
(Apa pengertian Ahli) Komputer dalam bahasa Yunani berarti computare yaitu menghitung sehingga pengertian komputer secara bahasa yaitu sebuah alat yang melaksanakan proses perhitungan aritmatika. Pengertian komputer secara bendawinya yaitu sebuah alat eletronik yang bisa untuk melaksanakan pengolahan aneka macam macam gosip menyerupai teks, bunyi ataupun gambar yang menghasilkan output yang kita mau. 
Pengertian lain dari komputer adalah mesin berhitung eletronik yang sanggup diprogram. Secara umum pengertian komputer secara umum yaitu peralatan eletronika yang mendapatkan masukan data, mengolah data dan memperlihatkan hasil keluaran dalam bentuk gosip baik berupa gambar, teks, bunyi maupun video. 
Pengertian Komputer menurut DINUS yaitu serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu sistem kerja yang rapi dan teliti yang kemudian sanggup dipergunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan otomatis, berdasarkan urutan arahan ataupun agenda yang diberikan kepada komputer Pengertian yang ada memberi arti bahwa komputer mempunyai 2 atau lebih yang saling bekerja sama dan bab belahan tersebut hanya bisa bekerja apabila terdapat anutan listrik yang mengalir pada komputer. 
Pengertian Komputer berdasarkan Wikipedia yaitu alat yang dipakai dalam mengolah data berdasarkan mekanisme yang sudah dirumuskan. 
Pengertian Komputer Menurut Robert H. Blissmer : Komputer yaitu suatu alat elektronik yang mempunyai kemampuan melaksanakan aneka macam kiprah menyerupai mendapatkan input, memproses input, menyimpan perintah perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi. 



Pengertian komputer 
menurut Sanderes yaitu sistem eletronik yang mempunyai kemampuan memanipulasi data dengan cepat dan benar serta didesain dan diatur biar secara otomatis mendapatkan dan menyimpan data yang dimasukkan (input), memproses serta menghasilkan keluar (output) dibawah pengawasan sistem operasi yang bertugas mengawasi langkah langkah arahan program. Output tersebut selanjutnya disimpan dalam media penyimpanan. 
Pengertian komputer berdasarkan Wiliam dan Sawyer : Komputer ialah mesin multiguna yang sanggup diprogram, mendapatkan masukan data dan melaksanakan proses ataupun memanipulasi ke dalam bentuk gosip sehingga sanggup kita gunakan.
Pengertian komputer berdasarkan Elias M. Awad bahwa komputer yaitu sebuah alat hitung yang sanggup memproses data sehingga sanggup diperlihatkan dalam bentuk data digital dan data analog. 
Pengertian Komputer berdasarkan Wiliam M.Fuori adalah suatu alat yang melaksanakan proses terhadap data yang sanggup secara cepat melaksanakan perhitungan besar, termasuk perhitungan aritmetika, operasi kebijaksanaan tanpa adanya campur tangan manusia. 
Berkembangnya komputer memunculkan beberapa istilah menyerupai perangkat keras komputer atau hardware, perangkat lunak komputer (program/software) serta pengguna komputer atau brainware.

Sejarah Komputer

merupakan benda yang kini ini sanggup anda jumpai di aneka macam daerah khususnya diperkota Pengertian dan sejarah komputer(Apa Pengertian Ahli) Setelah beberapa pengertian komputer berdasarkan para andal dipaparkan diatas, marilah kita simak ihwal sejarah perkembangan komputer yang terbagi menjadi 5 generasi yaitu:
Generasi pertama dalam perkembangannya dimulai pada masa masa perang dunia kedua tahun 1941. Saat itu Insinyur Jerman, Kondrad Zuse menciptakan komputer yang berjulukan Z3 yang dipakai dalam mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
Kemudian Inggris membuatkan komputer yang bermanfaat sebagai pemecah kode belakang layar Jerman yang dinamakan Colossus pada tahun 1943.
merupakan benda yang kini ini sanggup anda jumpai di aneka macam daerah khususnya diperkota Pengertian dan sejarah komputer
Komputer Colossus
merupakan benda yang kini ini sanggup anda jumpai di aneka macam daerah khususnya diperkota Pengertian dan sejarah komputer
Komputer Harvar IBM Mark 1
(Apa pengertian Ahli) Di Amerika, Howard H.Aiken menciptakan sebuah kalkulator eletronik untuk US Navy yang merupakan komputer terbesar yang mempunyai panjang kabel 500 mil dan berukuran setengah lapangan sepak bola. Komputer ini diberi nama Mark 1 atau The Harvard IBM Automatic Sequence Controlled Calculator yang merupakan komputer relai elektronik. Komputer ini masih tergolong sangat lamban dan tidak fleksibel. Kemudian muncul ENIAC yang merupakan komputer hasil kolaborasi antara Pemerintah Amerika Serikat dan Universitas Pennsylvania. Komputer ini cukup rumit alasannya yaitu mempunyai 18 ribu tabung vakum, 70 ribu resistor, dan 5 juta titik solder. Ini merupakan komputer dalam sejarah komputer yang mempunyai mesin sangat besar sehingga membutuhkan daya sebesar 160 kW untuk menghidupkannya. Komputer ENIAC ini dirancang oleh John Presper Eckert dan John W. Mauchly yang mempunyai kecepatan kerja 1000 kali lebih cepat dari Mark 1.
merupakan benda yang kini ini sanggup anda jumpai di aneka macam daerah khususnya diperkota Pengertian dan sejarah komputer
Komputer ENIAC
Intinya, sejarah komputer pada generasi pertama dibentuk untuk melaksanakan kiprah tugas tertentu. Ciri komputer generasi pertama yaitu belum seragamnya bahasa mesin yang dipakai serta penggunaan tabung vakum yang berukuran sangat besar serta penggunaan silinder magnetik sebagai penyimpanan data.







merupakan benda yang kini ini sanggup anda jumpai di aneka macam daerah khususnya diperkota Pengertian dan sejarah komputer
Komputer IBM 1401
(Apa Pengertian Ahli) Sejarah komputer lanjut pada generasi kedua. Perkembangan komputer kepada generasi kedua dipengaruhi oleh perkembangan transistor yang berukuran kecil. Transistor mulai dipakai pada komputer pada tahun 1956. Penemuan lain berupa memori inti magnetik yang menyebabkan komputer lebih kecil, cepat, sanggup dipercaya serta lebih ekonomis energi dibanding komputer pada generasi pertama. Komputer pada generasi kedua juga telah memakai bahasa assembly yaitu bahasa yang memakai abreviasi singkatan untuk menggantikan kode biner.
Komputer pada generasi ini juga mempunyai komponen komponen suplemen menyerupai printer, disket, memori, sistem operasi dan program. Salah satu komputer pada generasi kedua ini yaitu IBM 1401. 
(Apa pengertian Ahli) Penggunaan komputer pada tahun 1965 ini didominasi dalam proses gosip keuangan.
Sejarah komputer kemudian berkembang pada generasi ketiga (1958) sesudah ditemukannya Integrated Circuit (IC / sirkuit terintegrasi) oleh Jack Kilby. IC yang ditemukan oleh insinyur yang berasal dari Texas Instrument ini mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Kemudian para ilmuwan berhasil menciptakan sebuah chip yang merupakan adonan dari IC. Hal ini menciptakan komputer generasi ketiga menjadi lebih kecil, lebih ekonomis energi dan lebih cepat. Penggunaan sistem operasi menciptakan komputer lebih bisa menjalankan aneka macam agenda berbeda secara bersamaan.
merupakan benda yang kini ini sanggup anda jumpai di aneka macam daerah khususnya diperkota Pengertian dan sejarah komputer
Chip Intel 4004

Sejarah komputer ternyata tidak simpulan pada generasi ketiga. Komputer berkembang ke generasi keempat dengan dikembangkannya LSI (Large Scale Integration) pada tahun 1980, VLSI (Very Large Scale Integration dan ULSI (Ultra-Large Scale Intergration) dimana chip tunggal yang terbuat dari aneka macam jumlah komponen komponen. Hal ini bertujuan untuk menciptakan komputer lebih kecil, lebih murah, lebih efisien, lebih ekonomis daya dan menyebabkan komputer lebih handal.
CPU pada komputer muncul pada generasi keempat ini yaitu Chip Intel 4004 pada tahun 1971.
Chip pada komputer  kemudian digantikan oleh mikroprosesor yang mempunyai kemampuan untuk diprogram sesuai dengan kebutuhan dalam penggunaan komputer. Personal Computer atau Komputer Pribadi diperkenalkan oleh IBM pada tahun 1981. perusahaan komputer yang bersaing diera generasi keempat ini yaitu IBM dan Apple Macintosh. Berbagai prosesor dan jenis komputer menyerupai Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, AMD k6, Athlon merupakan golongan komputer generasi keempat dsb.
Perkembangan komputer pada generasi keempat terus berkembang sampai muncul aneka macam bentuk komputer menyerupai dekstop, notebook, laptop, palmtop dan lainnya. 
Sejarah komputer berhenti pada generasi kelima. Perkembangan komputer pada generasi ini dipusatkan pada pengembangan kecerdasan buatan atau komputer yang sanggup berpikir sendiri dan bisa berinteraksi serta berkomunikasi dengan insan serta mempunyai pemahaman terhadap keadaan lingkungan sekitar berdasarkan pengalaman. Komputer pada generasi ini masih dalam tahap pengembangan.
Manfaat Komputer
(Apa Pengertian Ahli) Komputer memiliki manfaat yang sangat besar sehingga untuk mempermudah menjelaskan ihwal manfaat komputer yaitu dengan membagi berdasarkan jenis jenis komputer yaitu:
1. Komputer Server 
Komputer server mempunyai manfaat sebagai pengontrol anutan data yang masuk dan keluar dari aneka macam komputer dalam jaringan yang ada. Sehingga komputer jenis ini mempunyai fungsi yang sangat penting dalam sistem jaringan. Komputer jenis ini harus bisa aktif dalam waktu yang usang serta mempunyai kapasitas yang jauh lebih besar dari komputer lain yang berada dalam jaringan tersebut.
2. Komputer Personal (PC)
Ini merupakan jenis komputer yang mempunyai segudang lebih manfaat. Tergantung dari penggunanya, komputer jenis ini mempunyai kemampuan yang memang jauh lebih rendah dari komputer server akan tetapi fungsi dan manfaat dari komputer ini juga tergantung dari kemampuan pengguna atau brainware.


Demikianlah Artikel Pengertian Dan Sejarah Komputer

Sekianlah artikel Pengertian Dan Sejarah Komputer kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian Dan Sejarah Komputer dengan alamat link http://1quoteslove.blogspot.com/2018/12/pengertian-dan-sejarah-komputer.html

0 Response to "Pengertian Dan Sejarah Komputer"

Post a Comment